7 Keajaiban Manfaat kolagen bagi tubuh


Uncategorized / Kamis, Maret 22nd, 2018

Manfaat-Kolagen-bagi-tubuh

Apa itu Kolagen?

Mungkin kolagen menjadi kata yang sering kita lihat di produk kosmetik atau di vitamin-vitamin tulang. bahkan sangking anda penasarannya, anda pun browsing di internet dengan kata kunci ” manfaat kolagen”.

|

Kolagen adalah protein yang paling melimpah ruah di tubuh kita, terutama kolagen tipe 1. zat ini ditemukan di otot, tulang, kulit, pembuluh darah, sistem pencernaan, dan tendon. Itu yang membantu memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit kita, Kolagen juga berfungsi untuk mengganti sel kulit mati. Ketika menyangkut sendi dan tendon, dalam istilah yang paling sederhana, kolagen bertugas menjadi “perekat” yang membantu menahan tubuh agar tidak gampang rusak , tidak gampang lumpuh, atau tidak gampang lemas dan terjatuh.

|

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di tubuh kita perlahan-lahan akan berkurang dan mulai menghilang. Ini disebut proses degeneratif atau tanda-tanda penuaan, seperti keriput, kulit yang kendur dan nyeri sendi karena tulang rawan yang lebih lemah atau kekuatannya menurun. Faktor gaya hidup lainnya – seperti makan diet tinggi gula, merokok dan paparan sinar matahari dalam jumlah besar – juga berkontribusi didalam mengurangi kadar kolagen di tubuh kita. Peneliti telah membuktikan bahwa penyakit terkait kolagen paling sering muncul dari kombinasi asupan makanan yang dikonsumsi, defisiensi nutrisi, dan masalah pencernaan yang memengaruhi produksi (sintesis) kolagen.

|

7 Keajaiban Manfaat kolagen bagi tubuh

|

1. Kolagen Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut
Seiring bertambahnya usia, penurunan produksi kolagen akan terlihat secara fisik: seperti kulit yang mulai longgar, lebih banyak kerutan dan kurangnya elastisitas pada wajah.
Meningkatkan kadar kolagen dapat membantu kulit Anda terlihat lebih kencang, mengurangi keriput, dan membantu sel kulit anda tetap dalam tahap pembaharuan dan memperbaiki secara normal.

|

Studi yang dilakukan oleh double-blind, placebo-controlled mereka meneliti bahwasannya : sifat anti penuaan kolagen telah menemukan bahwa 2,5-5 gram kolagen hidrolisat yang digunakan pada wanita berusia 35-55 sekali- sehari selama delapan minggu secara signifikan meningkatkan elastisitas kulit, kelembaban kulit, menghilangkan kekeringan dan kekasaran kulit, semua itu didapat tanpa efek samping. Inilah mengapa semua produk kecantikan berlomba-lomba memasukkan unsur kolagen pada produk mereka.

|

Kolagen juga mengurangi selulit dan stretch mark. Ketika kulit kehilangan elastisitasnya akibat penurunan kolagen, otomatis memiliki efek samping lain, yaitu selulit yang gampang terlihat.

Hal itu dikarenakan kulit anda menjadi tipis hingga efeknya selulit menjadi lebih nyata . Meningkatkan elastisitas kulit anda melalui kolagen membantu mengurangi lekukan pada kulit anda.

|

2. Manfaat kolagen bagi tubuh: Mengurangi Rasa Sakit karena proses Degenerasi

Pernahkah Anda merasa kaki terasa nyeri saat bergerak? Yup, itu kemungkinan efek mulai hilangnya kolagen . Ketika tubuh kita mulai kehilangan kolagen, tendon dan ligamen di sekitar tulang sangat sulit digerakkan. bisa digerakkan tapi rasanya sakit, tulang menjadi kaku, sendi bengkak, dan efek-efek lain dari berkurangnya kolagen .

|

Kolagen membantu sendi anda bergerak lebih mudah, mengurangi rasa sakit yang sering dikaitkan dengan penuaan dan bahkan mengurangi risiko kerusakan sendi. Tidak mengherankan kemudian penelitian terbaru menjelaskan : bahwa kolagen adalah pengobatan yang efektif untuk mengobati osteoarthritis ,nyeri dan gangguan sendi lainnya.

|

Para peneliti di Pusat Kesehatan Beth Israel Deaconess di Boston menemukan bahwa suplementasi dengan kolagen tipe 2 membantu pasien yang menderita rheumatoid arthritis terbantu dari gejala menyakitkan dengan mengurangi pembengkakan pada persendian yang lunak. Penelitian lain yang diterbitkan oleh International Journal of Medical Sciences menemukan bahwa orang-orang dengan nyeri sendi osteoarthritis yang diobati dengan kolagen tipe 2 menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kegiatan sehari-hari, seperti naik tangga, berjalan, atau tidur, dan kehidupannya menjadi lebih berkualitas.

|

3. Manfaat kolagen bagi tubuh : Membantu Menyembuhkan Pencernaan
Jika Anda menderita sindrom usus bocor, suatu kondisi di mana racun yang buruk melewati saluran pencernaan anda, maka kolagen dapat sangat membantu. Kolagen bertugas memecah protein dan menenangkan lapisan usus Anda, menyembuhkan dinding sel yang rusak.

Manfaat terbesar dari mengkonsumsi lebih banyak kolagen adalah membantu membentuk jaringan ikat pada lapisan pelindung saluran pencernaan.

|

Saat ini, kita tahu bahwa banyak penyakit yang sebenarnya berasal dari usus yang tidak sehat. Kesehatan usus yang buruk – termasuk perubahan dalam mikrobioma usus dan permeabilitas dalam lapisan usus – memungkinkan partikel masuk ke aliran darah di mana mikrobioma dapat menciptakan radang inflamasi ( sindrom usus bocor).

|

Studi telah menemukan bahwa pada pasien dengan penyakit radang usus, kemudian diberikan konsentrasi serum kolagen mampu membangun jaringan yang melapisi kolon dan saluran pencernaan, suplementasi dengan kolagen dapat membantu mengobati gejala dan gangguan gastrointestinal, termasuk sindrom usus bocor, IBS, refluks asam, penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Selain membantu menyembuhkan usus bocor, kolagen juga membantu penyerapan air di dalam usus.

|

4. Manfaat Kolagen Bagi Tubuh : Meningkatkan Metabolisme, Massa Otot dan Energi

Kehebatan kolagen lainnya adalah membantu meningkatkan metabolisme anda dengan menambahkan massa otot tanpa lemak ke tubuh dan membantu konversi nutrisi penting. Salah satu peran terpenting glisin adalah membantu membentuk jaringan otot dengan mengubah glukosa menjadi energi yang memberi asupan pada sel-sel otot.

|

Perlu diketahui.bahwasannya mempertahankan massa otot sangat penting saat anda bertambah tua, karena massa otot membantu mendukung postur, kesehatan tulang dan membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Saat mengonsumsi kolagen, Anda bisa mendapatkan manfaat dari mengonsumsi vitamin C untuk memastikan tubuh Anda dapat mengubah kolagen menjadi protein Intinya, kolagen mengembalikan sumber energi dan vitalitas Anda.

|

5. Manfaat Kolagen Bagi Tubuh : Memperkuat Kuku, Rambut, dan Gigi

Pernah menyadari kuku anda tiba-tiba gampang terkelupas ? Yah, silahkan salahkan tubuh anda karena itu faktor kurangnya kolagen. Protein kolagen berfungsi didalam pembangun kuku, rambut dan gigi Anda. Menambahkan kolagen ke dalam rejimen diet Anda dapat membantu menjaga kuku kuat dan mencegah tanda-tanda rambut rontok.

|

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menemukan bahwa ada “hubungan penting antara matriks ekstraseluler (ECM) dan regenerasi folikel rambut, yang menunjukkan bahwa kolagen dapat menjadi target terapi yang potensial untuk rambut rontok dan penyakit terkait kulit lainnya.

|

6. Manfaat Kolagen Bagi Tubuh : Meningkatkan Kesehatan Hati

Jika Anda ingin mendetoksifikasi tubuh Anda dari zat berbahaya, meningkatkan aliran darah dan menjaga jantung anda tetap berdetak sehat, kolagen sangat membantu. Itu karena glisin membantu meminimalkan kerusakan yang dialami hati Anda saat menyerap zat asing, racun, atau alkohol didalam tubuh. Penelitian bahkan menemukan bahwa glisin dapat digunakan untuk membantu mengurangi kerusakan hati akibat alkohol dan bentuk lain dari luka hati akut atau kronis.

|

7. Manfaat Kolagen Bagi Tubuh : Melindungi Kesehatan Kardiovaskular

|
Zat Prolin asam amino yang ditemukan dalam kolagen membantu dinding arteri Anda melepaskan penumpukan lemak dalam aliran darah, mengecilkan lemak di arteri dan meminimalkan penumpukan lemak. Proline diperlukan untuk perbaikan jaringan di dalam sendi dan arteri, Prolin juga membantu mengontrol tekanan darah. Sebagai bagian dari kolagen yang ditemukan di dalam persendian, zat prolin juga bertugas sebagai menyangga tubuh kita dari efek getaran atau goncangan dan membantu tubuh kita tetap menjaga kekuatan tulang rawan yang berharga seiring bertambahnya usia. hal Ini juga terkait dengan pencegahan arteriosklerosis (pengerasan arteri) karena membantu arteri kita tetap bersih dari penumpukan plak yang berbahaya.

.

|

Baca Juga Artikel Dasyat Tentang Kolagen lainnya :

1. Pengobatan Genius Manfaat Kolagen menyembuhkan Sakit Pada Tulang Belakang

2. PRODUK KOLAGEN Terbaik dari Jerman untuk Menguatkan tulang, mengencangkan payudara dan kulit