Cara menurunkan Kolesterol RAMUAN DASYAT


Uncategorized / Kamis, Februari 8th, 2018
Cara-menurunkan-kolesterol
Beberapa waktu lalu, media disibukkan dengan hasil cek kesehatan Donald Trump. Presiden Amerika tersebut disinyalir memiliki catatan medis bahwasannya beliau memiliki kolesterol tinggi yang nantinya berpotensi mendapat serangan jantung di kemudian hari. Hal ini dikarenakan Donald Trump suka memakan makanan berlemak tapi jarang berolahraga. Hanya saja pemberitaan ini masih simpang siur dikarenakan sebagian dokter di gedung putih mengungkapkan bahwa ternyata Donald Trump dinyatakan sehat dan tidak akan mungkin terkena serangan jantung. Lagipula Donald Trumph tidak pernah merokok dan anti minum-minuman beralkohol.
|

Pengertian kolesterol, angka normalnya di dalam tubuh

|

Memang sebagian dari kita sangat ketakutan apabila di tubuh kita mendapat catatan kesehatan dengan tingkat kolesterol tinggi. Kita percaya bahwa kolesterol tinggi lah yang menyebabkan penyakit-penyakit berat seperti ; jantungan, diabetes, dan bahkan stroke. Tapi sebenarnya, tingkat kolesterol rendah didalam tubuh juga mengakibatkan kita berpotensi terserang penyakit yang tidak kalah menderita seperti : akan terjadi depresi, kerusakan sistem syaraf, parkirson, dan bahkan gangguan psikis.
|
Apa sih kolesterol itu dan bagaimana takaran normalnya dalam tubuh? Mari kita bahas lebih dalam.
Menurut runutan kedokteran, kolesterol berarti metabolit yang mengandung lemak sterol yang dijumpai pada membran sel maupun disirkulasikan dalam plasma darah.
 Kolesterol ditemukan di setiap bagian sel tubuh manusia dan memiliki fungsi alami yang penting ketika harus mencerna makanan, mengembangkan hormon, dan menghasilkan vitamin D. Zat ini sudah diproduksi oleh tubuh semenjak kita lahir tetapi zat ini  juga didapat saat kita mengkonsumsi makanan.
|
Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh. Yang pertama adalah  LDL (low-density lipoprotein) atau biasa disebut sebagai  kolesterol jahat. Kemudian  HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik.
|

Takaran Level Kolesterol dalam tubuh

Sejatinya, manusia dilahirkan dalam kondisi kolesterol yang normal. Yang mempengaruhi tingkat kolesterol dan efek kesehatannya adalah kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari. Kebiasaan merokok dan memakan-makanan yang mengandung sumber lemak juga menciptakan takaran kolesterol kita meningkat. Bukan hanya itu saja, gen dari keluarga atau faktor keturunan yang mayoritas keluarga memiliki kolesterol tinggi juga akan berdampak pada anak cucunya di kemudian hari.
|
Di bawah ini adalah angka atau catatan kolesterol antara normal dan yang perlu pemulihan khusus.
|
1. Angka Tingkat Kolesterol ( hitungan total )
|
– Catatan Kurang dari 200mg/dL   ( Normal)
– Catatan 200-239 mg/dL         ( Batas Tinggi)
– Catatan 240mg/dL hingga lebih tinggi   ( Tinggi)
|
2. Angka LDL (kolesterol Buruk)
|
Catatan Kurang dari 100mg/dL ( Optimal)
Catatan 100-129mg/dL (Mendekati Optimal)
Catatan 130-159 mg/dL  ( Batas Tinggi)
Catatan 160-189 mg/dL (Tinggi)
Catatan 190 mg/dL hingga lebih tinggi ( Sangat Tinggi)
|
3. Angka HDL (Kolesterol Baik)
|
– Catatan kurang dari 40 mg/dL ( Berpotensi memiliki resiko penyakit jantung)
– Catatan 40—59 mg/dL ( Resiko penyakit jantung kecil, angka semakin tinggi semakin baik)
– Catatan 60 mg/dL hingga  lebih tinggi ( Catatan prima. angka ini terhindar dari resiko penyakit jantung)
|

Apa perbedaan Trigliserida dengan Kolesterol?

Perlu dipahami bahwa lemak total adalah lemak yang terdiri dari trigliserida dan kolesterol yang berasal dari makanan-makanan yang kita konsumsi. Bebagai jenis lemak masuk ke dalam tubuh.
Entah itu lemak tak jenuh maupun lemak jenuh. Saat kesemua lemak masuk ke dalam tubuh kemudian lemak tersebut terpecah menjadi asam lemak. Dengan sendirinya tubuh mengubah asam lemak menjadi kolesterol dan trigserida.
|
Fungsi kedua lemak ini diperlukan untuk tubuh. Hanya saja apabila terlalu banyak, maka akan berpotensi terserang stroke, diabetes mellitus, gagak jantung, dan beberapa penyakit degeneratif lainnya.
|
Perbedaan Fungsi dan kegunaan Trigliserida dan Kolesterol.
Trigliserida fungsinya untuk pasokan energi cadangan yang digunakan tubuh apabila sumber utama energi, glukosa, yang ada di dalam tubuh sudah habis. maka sebab itulah, trigliserida di simpan dalam sel-sel lemak yang juga disebut dengan sel adiposa.
Sementara kolesterol merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh metabolisme lemak dan diperlukan oleh tubuh demi membangun jaringan dan sel, membentuk berbagai hormon, dan melancarkan fungsi sistem pencernaan.
|

Efek kelebihan Kolesterol.

Orang yang terjangkit kolesterol tinggi tidak memiliki gejala atau tanda-tanda seperti penyakit umumnya. Apabila penyakit seperti sakit tulang, tumor, atau lumpuh biasanya muncul gejala-gejala awal seperti mulai terasa perih di bagian yang hendak muncul tumor atau pembengkakan. Namun berbeda dengan kolesterol. Apabila tidak diperiksa secara teratur oleh tim medis atau check up di tenaga kesehatan, Tingkat kolesterol tinggi tiba-tiba muncul dengan sendirinya dan biasanya efeknya adalah serangan jantung atau bahkan terkena stroke.
|
Kolesterol tinggi adalah penyebab utama terjadinya penyakit kardiovaskular yaitu kondisi jantung yang mencakup pembuluh yang sakit, masalah struktur, dan pembekuan darah. Jenis penyakit kardiovaskular ini beragam seperti : Penyakit arteri koroner, Tekanan darah tinggi, Gagal jantung, dan Stroke,  Namun kebanyakan orang hanya mengenal sakit jantung dan stroke sebaga efek dari kelebihan kolesterol ini.
|

Sumber makanan yg mengandung kolesterol tinggi

Hampir mayoritas orang-orang atau penderita kolesterol tinggi tidak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi adalah sumber terbesar mengapa kolesterol di tubuh mereka  takarannya bisa diatas normal.
 Pada pinsipnya makanan yang mengandung kolesterol tetap boleh dikonsumsi secara teratur. Kita berbicara keseimbangan dan kesehatan tubuh.
 Apabila anda menginginkan penurunan kolesterol tinggi secara alami, hindari semua makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Di bawah ini beberapa makanan yang tidak disadari mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah namun selalu dikonsumsi.
|
1. Hati
Hati memang organ hewan yang sangat nikmat. Selain rasanya gurih dagingnya cukup empuk dilidah. Selain itu hati Juga mengandung zat besi.  Tapi perlu diketahui , hati merupakan sumber utama kolesterol.
2.Ayam Goreng
Hampir semua orang mengkonsumsi ayam sebagai hidangan dapur. Tapi apabila proses memasaknya dengan cara digoreng maka daging ayam tersebut akan lebih banyak menyerap lemak ketimbang air. Minyak yang dipakai untuk penggorengan ini sebenarnya mengandung kadar lemak trans yang tinggi. Itulah yang menjadikan ayam lebih banyak kalori.
3. Es Krim
Kita sudah paham bahwa burger dan pizza mengandung kadar kolesterol dan lemak tinggi. Tapi tahukah anda, satu sendok es krim faktanya memiliki takaran kolesterol lebih tinggi dibanding pizza dan burger. Apalagi semangkuk es krim. Terbukti semangkuk es krim menyimpan 4,5 gr lemak jenuh.
4. Daging Merah
Daging domba, sapi dan babi adalah kumpulan daging merah yang memiliki lebih banyak kolesterol dibanding takaran lemak jenuhnya. Daging merah juga cukup mampu semakin memperparah kondisi penyakit jantung seseorang.
5. Kentang Goreng
 kentang goreng mengandung kadar kolesterol tinggi akibat minyak nabati yang terhidrogenasi ini adalah catatan yang dilakukan  oleh Harvard School of Public Health Karena faktanya makanan dengan kandungan minyak yang terhidrogenasi memiliki jumlah takaran lemak trans yang tinggi.
6. Kuning Telur
Satu cangkang telur komplit mengandung 186 mg kolestrol. Namun penelitian yang dilakukan oleh badan medis non-profit Mayo Clinc dari Amerika Serikat mengungkapkan bahwa jangan mengkonsumsi lebih dari 4 kuning telur dalam seminggu untuk mencegah peningkatan kolesterol tinggi.
|

Tips menjaga Kolesterol Tetap Normal

Perubahan gaya hidup yang lebih sehat terbukti meningkatkan fungsi jantung dan usia . Perubahan gaya hidup atau lifestyle membantu mengurangi kolesterol, mengoptimalkan kesehatan,  menunda keriput wajah dan memanjangkangkan umur. Kebanyakan orang memanfaatkan obat-obatan untuk kesejahteraan jantung mereka. Bagi mereka, lebih baik mengkonsumsi obat medis atau obat herbal dibanding merubah pola makan. Itu terserah pribadi masing-masing. Tapi percayalah, Kesehatan tanpa adanya bahan kimia (yg berasal dari obat2an) itu lebih alami dan menghemat uang hingga puluhan atau bahkan ratusan juta sepanjang hidup kita. Seperti pepatah yang tidak pernah usang ” Mencegah lebih baik daripada mengobati”.
|
1.Mengkonsumsi makanan untuk kesehatan jantung
 
Prinsipnya adalah membatasi atau mengurangi makanan atau bahan makanan pemicu HDL ( kolesterol jahat ) sekaligus meningkatkan makanan peningkat LDL ( kolesterol baik). Pikirkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak trans. Karena lemak trans cendrung meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik. . Makanan-makanan seperti daging merah, gorengan, biskuit atau produk kue komersil yang biasa berjejeran di minimarket. Karena makanan-makanan Inilah yang membuat kita berpotensi terserang penyakit jantung.
Lebih baik mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 karena asam lemak omega 3 tidak mempengaruhi kolesterol jahat. Zat-zat yang kaya akan omega 3 terdapat pada ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, bayam, kangkung, yoghut, brokoli, kenari, kacang almond, biji rami, dan lain-lain.
Perbanyak makan buah-buahan. Buah-buahan selain meningkatkan enzim dalam tubuh juga menetralisir pada zat-zat racun didalam tubuh. Untuk produk susu, silahkan pilih susu rendah lemak. Menambahkan whey protein pada konsumsi harian juga bagus untuk jantung. Whey protein bukan hanya untuk para cowok gym atau binaraga saja. Semua orang bisa mengkonsumsi susu jenis ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa protein whey mampu  menurunkan LDL ( kolesterol jahat) dalam tubuh kita.
|
2. Meningkatkan kesehatan fisik dengan berolahraga.
Olahraga rutin bisa menaikkan level HDL atau kolesterol baik. Jadwalkan olahraga minimal 30 menit sehari selama 1 minggu penuh atau minimal 3 kali dalam seminggu.
Olahraga bisa beragam. Entah itu renang, yoga, skipping, lari pagi , ke Gym atau jalan santai bisa menjadi pilihan. Apabila tidak ada waktu untuk itu semua, bisa melakukan push up dan situp 15 menit sehari. Intinya adalah tidak ada orang sehat dengan cuma bermalas-malasan dan menonton film sepanjang hari.
Agar semakin termotivasi, kita bisa mengikuti kelompok atau kelas khusus yang berhubungan dengan bisang olahraga. Dengana adnya group atau komunitas kita memiliki partner atau teman untuk saling mengingatkan jadwal untuk melatih fisik.
|
3. Mengikuti program menurunkan berat badan.
Peningkatan berat badan otomatis menambah Kolesterol jahat dalam tubuh kita. Justru ketika kita berhasil memangkas 2 hingga 5 kg berat badan otomatis meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Mulailah mengevaluasi kebiasaan makan kita. Hindari makan berlebihan apalagi makanan cepat saji yang sering kita konsumsi. Burger, donat, pizza, es krim, dan makanan cepat saji lainnya justru malah mengancam kesehatan jantung kita.
|
4. Jangan lagi merokok
Semua orang mengerti dampak buruk dari barang setan itu. Hanya saja untuk para perokok berat efek negatif yang dihasilkan oleh rokok sering diabaikan. Tapi, ada kabar gembira untuk para perokok. Mungkin wacana ini akan memberi suntikan motivasi baru untuk mematikan barang penuh racun itu. Tahukah anda, Berhenti merokok bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) . Dan manfaatnya tidak hanya itu saja.
|
Dalam waktu 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan detak jantung kita stabil. Dan apabila kita sudah berhasil berhenti merokok selama satu tahun, resiko penyakit jantung akan berkurang drastis. Dan dalam 15 tahun kemudian,  resiko penyakit jantung kita serupa dengan orang yang tidak pernah merokok.